HEROE POERNOMO, ST.,MT.

Nama : HEROE POERNOMO
Perguruan Tinggi : Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Program Studi : Teknik Perpipaan
Kode Program Studi : 36302
Tanggal Berdiri : 19 Mei 2008
SK Penyelenggaraan : 2051/D/T/K-A5/2010
Tanggal SK : 2010-05-03
Status Aktivitas : Aktif

RIWAYAT PENDIDIKAN

No. Perguruan Tinggi Gelar Akademik Tanggal Ijazah Jenjang
1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember S.T 2002 S1
2 Institut Teknologi Sepuluh Nopember M.T 2010 S2

PENELITIAN

No. Judul Penelitian Bidang Ilmu Lembaga Tahun
1 DESAIN SISTEM INSULASI RUANG PENYIMPANAN ES DAN IKAN KAPAL PENANGKAP IKAN 30 G Teknik Permesinan Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya 2013

 

Visi :

“Program Studi Yang Unggul dan bereputasi di bidang teknologi rekayasa Perpipaan.”

Misi :

  • Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian terapan di bidang teknologi rekayasa perpipaan bidang maritim dan indsutri serta bidang teknologi penunjangnya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.
  • Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan produktif, untuk mengembangkan Teknologi Rekayasa Perpipaan aplikasi maritim dan industri serta Teknologi Penunjangnya.
  • Membangun masyarakat akademis di bidang perpipaan aplikasi maritim dan industri yang mampu berkompetisi secara nasional maupun global.
  • Mengembangkan networking dengan stake holder, baik di tingkat lokal maupun tingkat internasional.
  • Pengembangan jiwa kewirausahaan serta kemampuan softskill bagi lulusan, untuk menjadi insan yang madani.

Kompetensi Program Studi :

Kompetensi utama :

  • mahasiswa mampu menguasai desain/layout sistim perpipaan dan pipe line aplikasi di bidang maritim dan industri serta pemodelannya.
  • mahasiswa mampu melaksanakan analisa tegangan, pengendalian material pada sistim perpipaan dan pipeline aplikasi di bidang maritim dan industri.
  • mahasiswa mampu melaksanakan inspeksi, supervisi dan pengawasan sistim konstruksi perpipaan dan pipe line aplikasi di bidang maritim dan industri.

Kompetensi pendukung lulusan :

  • mahasiswa mampu mengaplikasikan aplikasi cad (computer aided design) pada bidang rekayasa perpipaan dan pipeline seperti autocad 2d,dan 3d, bentley auto pipe, autoplant, navigator, microstation, bentley pro steel, staad pro, dan bentley p & id, baik itu pada aplikasi bidang maritim dan industri.
  • mahasiswa mampu melakukan inspeksi pengelasan

Kompetensi pilihan :

  • mahasiswa mampu berbahasa dan berkorespondensi dalam bahasa inggris.
  • mahasiswa mampu memiliki dan menumbuhkan pemahaman jiwa kewirausahaan agar diperoleh wawasan usaha yang luas, berbasis pengetahuan yang telah dimiliki dengan baik dan benar.

Capaian Pembelajaran :

Profil : Piping Engineer

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa ke dalam proses fabrikasi sesuai standar untuk menyelesaikan masalah desain, fabrikasi, dan inspeksi pada instalasi/sistem perpipaan sesuai standar;
  2. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan dan pengawasan proses desain, fabrikasi dengan menggunakan analisis data yang relevan dengan referensi/standar/codes/database, serta menentukan proses instalasi dan inspeksinya dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, dan keselamatan publik dan lingkungan (environmental consideration);
  3. Mampu merancang dan mewujudkan instalasi/sistem perpipaan antara lain boiler, bajana tekan, tangki, kapal dan bangunan apung, konstruksi tubular – non tubular, rotating equipment dan sistem jalur distribusi perpipaan (pipeline) yang memenuhi code dan standar industri (ASME, AWS, API, JIS, ASTM, TEMA, DN, PD 5500, DNV-GL, BKI, NORSOK, MARPOL);
  4. Mampu memilih sumber daya (tenaga kerja dan operator) dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis komputasi pada instalasi/sistem perpipaan yang mengacu standar industri;
  5. Mampu melakukan evaluasi desain, fabrikasi, erection, dan inspeksi sistem perpipaan berdasarkan prosedur dan standar yang berlaku (ASME, AWS, API, JIS, ASTM, TEMA, DN, PD 5500, DNV-GL, BKI, NORSOK, MARPOL).

 

Pembimbing Tugas Akhir 

Tahun 2016 :

Studi Teknis Kelayakan Desain Buried Pipe Menembus Sungai Terhadap Proyek Beban Operasi dan Instalasi Pada Proyek MRS Japanan

Desain Jalur Pipa H2SO4 dari Storage F 403 menuju Storage F 501 Sebagai Alat Alternatif Alat Angkut Pada Proses ASP

PENGARUH TRANSISI UNDERGROUND DAN ABOVEGROUND PIPELINE TERHADAP PROSES PIGGING

ANALISIS PENCEGAHAN TERJADINYA EROSI pada REDUCER DI LINENUMBER H2S04-007-6” DI INDUSTRI ASAM SULFAT

ANALISA PENGARUH WATER HAMMER PADA PIPA SPRAY HP BY PASS TURBIN SETELAH BOILER MENGALAMI TRIP

 

Tahun 2017 :