KURIKULUM

PPNS sebagai institusi pendidikan tinggi keahlian/terapan, khususnya pada program studi TEKNIK PERPIPAAN, sebagaimana kebutuhan dunia industri dalam kurikulum pendidikannya akan menerapkan jenjang kompetensi per semester dan pertahun sesuai kompetensi DASAR keahlian seorang pelaku insinyur perpipaan (piping engineer) mulai dari tahap DRAFTER tahun pertama (junior dan senior), DESIGNER ditahun kedua (junior dan designer), JUNIOR ENGINEER ditahun ketiga dan akhirnyasebagai ENGINEER di tahun akhir yang juga dibekali sebagai seorang piping Leader dengan lingkup tanggung jawab yang diembannya.

Pada kurikulum ini, mahasiswa akan melakukan magang di dunia industri pada semester ke-7 (ketujuh), dengan sudah melalui persiapan kompetensi dasar hingga semester ke-6 (ke enam), sehingga saat magang di industri sudah “tune in” dan siap berkarya dan bekerja sesuai kebutuhan di tempat magang tersebut.

Kemampuan dasar di 2 tahun pertama sudah bisa menjadikan  mahasiswa bekerja dalam industri dalam lingkup tanggung jawab yang terbatas. Keahlian dan kemampuan skill menjadi landasan utama pembelajaran yang harus terus diasah dan di berdayakan. Oleh karenanya dalam tugas akhir setiap mahasiswa harus bisa mendapatkan data proposal dari perusahaan tempatnya magang dan melakukan analisa proyeknya sehingga didapatkan pemahaman proyek tersebut baik “menang ataupun kalah”, sebagai salah satu bagian tugas akhir yang harus di presentasikan.

Kurikulum merupakan suatu acuan yang ditata sedemikian rupa untuk tercapainya kompetensi utama dan kompetensi pendukung dari lulusan Program Pendidikan D4 Teknik Perpipaan.

Kurikulum ditetapkan sesuai SK Direktur Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya No.3061/PL.19/EP/2015 Tentang Kurikulum Program Studi D4 Teknik Perpipaan.

Download : Kurikulum D4 Teknik Perpipaan